exclusivemails.net
Jual Beli Mobil dan Motor

ANDA INGIN MENJUAL DAN MEMBELI MOBIL ATAU MOTOR?

Kami menyediakan fasilitas promosi bagi anda yang ingin membeli dan menjual motor anda. Pasang Iklan anda di situs kami dan kami berikan harga pasang iklan yang murah untuk anda.
Iklan Kodek Sasak Blogger " Tepat Menggapai sasaran"

iklan motor
Jual Beli Property

BELI DAN JUAL PROPERTY?

Anda ingin menjual atau membeli property seperti rumah, tanah, ruko. Disini tempat yang tepat untuk promosi anda. Kami berikan harga diskon apabila anda memasang iklan di situs kami ini

property
Jual Produk Tehnologi Anda?

JUAL DAN BELI PRODUK TEHNOLOGI ANDA?

Anda ingin menjual maupun membeli perangkat tehnologi seperti komputer, televisi, dan lain sebagainya. Disini tempat yang tepat bagi anda. Hanya Dengan Rp. 50.000,-/bln Iklan anda sudah bisa terpasang di sini

PC
Mau Fokus di Adsense ? Klik disini aja! Mau Fokus di Adsense ? Klik disini aja!
Image and video hosting by TinyPic

Thursday, July 22, 2010

Mengenal Secara Lengkap Console Komputer

Setelah pada postingan tutorial TIK untuk kelas sepuluh tentang sekilas pengertian atau definisi dan sejarah dan perkembangan komputer serta bagaimana prosedur yang tepat di dalam menggunakan komputer, maka dalam postingan lanjutan tutorial TIK kelas sepuluh kali ini kita akan mencoba belajar mengenal lebih dekatconsole yang terdapat dalam system computer.

So, pasti kalian semua mengetahui bagaimana sebuah sistem komputer yang utuh khan? Komputer yang utuh terdiri dari CPU, Mouse, Keyboard, Monitor, Speaker, dan printer serta perangkat tambahan lain yang pernah kalian lihat di dalam sebuah sistem utuh sebuah komputer. Namun yang paling utama perangkat yang harus ada yakni seperti CPU, Mouse, Keyboard dan monitor. Perangkat yang saya sebutkan terakhir ini haruslah ada sedangkan yang lainnya tidak mutlak harus ada.

Segala proses operasional yang dilakukan komputer pada dasarnya semuanya dilakukan oleh yang namanya CPU ini. Didalam sebuah CPU terdapat perangkat yang namanya processor. Nah! processor inilah yang merupakan otaknya sebuah komputer. Kecepatan proses yang dilakukan oleh CPU selalu tergantung dari jenis processor yang digunakannya.

Selain processor di dalam CPU juga terdapat yang namanya Maninboard atau ada juga yang mengistilahkan Motherboard (sama saja). Mainboard inilah yang merupakan tempat bagi semua  komponen-komponen terintegrasi di dalamnya. Didalamnya terdapat soket processor, slot memory, BIOS, slot VGA, Port Serial, Port USB dan lain sebagainya.


Port pada komputer berfungsi sebagai antarmuka antara sebuah komputer dengan komputer atau dengan unit (device) lain. Umumnya, port digunakan untuk menghubungkan monitor, keyboard, mouse, modem dan periferal lainnya. Port memiliki standar bentuk sendiri, seperti port untuk keyboard berbentuk bulat. Pertama kali komputer desktop diciptakan, memiliki dua port yaitu port serial dan port parallel. Pemasangan kabel monitor, keyboard dan mouse harus sesuai dengan portnya. Kesalahan pemasangan dapat menyebabkan tidak berfungsinya komputer. Untuk dapat memasang port tentunya harus disesuaikan dengan posisinya masing-masing. Berikut ini terdapat beberapa jenis port yang terdapat dalam sebuah CPU
  1. Port parallel (LPT), port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port parallel. Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel. Termasuk dalam port paralel adalah port penghubung printer, modem, dan port penghubung disk drive.Untuk kecepatan transfer data biasanya port paralel ini mempunyai kemampuan sebesar 200 kbps dan port ini memiliki kabel konektor sebanyak 25 pin.
  2. Port serial (COM), port ini memiliki sembilan (9) pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystick dan modem eksternal. Port serial bekerja dengan mengirim data 1 bit pada satu saat melalui kabel tunggal. Kecepatan transfer data lebih rendah dari port paralel
  3. PS / 2, port ini disebut dengan port serial type 2 yang digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Untuk port keyboard berwarna biru dan untuk port mouse berwarna hijau.
  4. USB (Universal Serial Bus), Port ini merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau feriperal lainnya seperti mouse, keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainya. Port USB merupakan pengembangan dari port serial. Saat ini, port usb paling populer digunakan, misalnya untuk flash disk, harddisk eksternal, mouse, keyboard. Kelebihan dari port USB adalah kemudahannya dalam melakukan koneksi device ke komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang secara plug and play. USB ini dirancang tidak tergantung pada ekspansion slot, dan USB yang dipasang tidak perlu melakukan booting ulang komputer. Selain itu, USB juga mendukung arsitektur daisy-chain ganda, yaitu penggunaan USB hub. Sebuah USB hub dapat menampung banyak device USB. Jumlah tingkat atau level USB hub yang tersusun maksimal 5 tingkat, sedangkan jumlah USB device yang dapat terkoneksi ke sebuah kontroler USB maksimal 127 buah. Untuk memasang port-port komputer tersebut, sebaiknya komputer dalam keadaan mati untuk menghindari kerusakan pada CPU maupun perangkat lainnya, dengan posisi yang tepat, dan tidak terbalik.
  5. Port VGA, merupakan port yang langsung berhubungan dengan monitor
  6. Port Audio, port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio/ speaker
  7. Port IDE, port yang biasanya digunakan untuk Hardisk dan CD ROOM . Port IDE ini biasanya terdiri dari 2 bagian yakni IDE 1 yang biasanya diperuntukkan bagi Hardisk dan IDE 2 biasanya untuk CD ROOM
  8. Port FDD, port ini adalah untuk disk drive dan memiliki pin sebanyak 34 buah.
berikut ini adalah layout tampilan belakang sebuah mainboard

Gambar tampilan sebuah motherboard/ mainboard :

Ingin download materi ini ? silahkan anda bisa mendownload via  Hotfile.com atau via  Ziddu.com

Ingin menyimpan file tanpa harus takut kehilangan data karena komputer kalian bermasalah? Klik banner disamping kiri ini untuk mrndaftarkan di ziddu.com. Ziddu.com Kirim data- Share Data- Dapat Uang.

Tertarik dengan postingan ini?, Saya akan sangat berterima kasih apabila anda berkenan mereview postingan ini di ALEXA.com

Postingan Terkait



2 comments:

Tidak menemukan artikel yang anda cari? Coba cari disini

Ingin berlangganan konten situs ini via email anda

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner


 

Get it Now

toolbar powered by Conduit